Hima Deksi

HIMA DEKSI adalah organisasi mahasiswa Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV), merupakan wadah pengembangan dan pengaplikasian baik akademik maupun nonakademik bagi mahasiswa DKV.

Himpunan Mahasiswa Desain komunikasi Visual ARS University (HIMA DEKSI) berdiri tahun 2011. HIMA DEKSI adalah organisasi mahasiswa Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV), merupakan wadah pengembangan dan pengaplikasian baik akademik maupun non-akademik bagi mahasiswa DKV.

Tumbuh dari sebuah keinginan dan cita-cita, merupakan semangat mahasiswa DKV demi menciptakan mahasiswa yang cerdas, kreatif, dan profesional. Di dalam berbagai kegiatannya HIMA DEKSI selalu mencoba mengembangkan wawasan, ide, diskusi dan potensi mahasiswa di dunia desain grafis dan akademik yang berhubungan dengan perkuliahan.

VISI DAN MISI HIMA DEKSI

Visi :

Menjadikan HIMA DKV ARS sebagai wadah untuk menyatukan pikiran, ide, dan pendapat, bagi seluruh mahasiswa DKV dengan semangat kekeluargaan, sehingga terwujudnya himpunan yang sinergis dan solid.

Misi :

  1. Mengoptimalkan peran Himpunan sebagai sarana untuk meningkatkan potensi mahasiswa DKV dalam aspek akademis dan non-akademis
  2. Meningkatkan relasi atau jaringan, baik internal maupun external
  3. Meningkatkan budaya sharing di dalam Himpunan untuk mewujudkan semangat kekeluargaan yang solid, demi menjalin silaturahmi dan memaksimalkan kinerja Himpunan.

KEGIATAN KEGIATAN HIMA DEKSI

  1. Mural

Mural adalah cara menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau permukaan luas yang bersifat permanen lainnya. Berbeda dengan grafiti yang lebih menekankan hanya pada isi tulisan dan kebanyakan dibuat dengan cat semprot maka mural tidak demikian, mural lebih bebas dan dapat menggunakan media cat tembok atau cat kayu bahkan cat atau pewarna apapun juga seperti kapur tulis atau alat lain yang dapat menghasilkan gambar.

Salah satu kegiatan Mural HIMA DEKSI adalah MurARS. Dengan kemampuan dan kreativitas, HIMA DEKSI merubah tampilan depan kampus ARS University dengan karya mural. Kegiatan ini mengangkat tema MurARS – Mural di kampus ARS, dengan mengusung keakraban. Proses pengerjaan selama 2 minggu (16-23 Oktober 2020), dengan keakraban seluruh mahasiswa prodi DKV semester 1, 3, 5, dan 7.

2. Kriyasana Mahasiswa Desain Grafis Indonesia (KMDGI)

KMDGI adalah Forum untuk berkumpul, bertukar pikiran, berdiskusi dan mengapresiasi karya atau konsep kreatif antar mahasiswa Desain Grafis dan Desain Komunikasi Visual se-Indonesia. KMDGI (Kriyasana Mahasiswa Desain Grafis Indonesia).

Salah satu acara KMDGI yang pernah di ikuti HIMA DEKSI, pada tahun 2019 KMDGI digelar di Pulau Sumatera tepatnya di Universitas Negeri Padang. Acara yang berlangsung 3-5 Oktober 2019 di Auditorium Universitas Negeri Padang ini mengangkat tema ”OH IYA!”, yaitu sebuah pemecahan masalah yang solutif seputar kebenaran informasi yang hadir dalam masyarakat. HIMA DEKSI sendiri mengangkat tema berjudul “PAMALI” yaitu tema yang membahas sesuatu tindakan yang dianggap janggal oleh masyarakat Sunda.

3. Malam Keakraban (MAKRAB)

Malam Keakraban atau disingkat Makrab merupakan kegiatan rutin tahunan seluruh mahasiswa dan alumni DKV ARS University yang biasa dilakukan untuk “menyambut” mahasiswa baru. Dengan kata lain, Makrab adalah sebuah kegiatan penyambutan di tingkat yang lebih kecil atau lingkungan intern program studi DKV. Dalam acara ini berisikan beberapa kegiatan seperti Sharing, Games, Makan bersama, Workshop, Musik, dan lain lain.